Mikel Arteta Harus Ubah Nicolas Pepe

Nicolas Pepe mungkin menjadi pemain paling berbakat secara alami di skuad Arsenal. Namun, agar sepenuhnya efektif, pelatih kepala Mikel Arteta perlu mengubahnya.

Ada kegembiraan besar ketika Arsenal secara resmi meluncurkan rekor klub, £ 72 juta akuisisi Nicolas Pepe di musim panas. Pemain sayap Lille ini telah mencetak lebih dari 20 gol dan 10 assist di Ligue 1 tahun sebelumnya – Lionel Messi adalah satu-satunya pemain di liga top lima Eropa yang melakukan hal yang sama – dan sebagian besar dipandang sebagai salah satu talenta penyerang yang besar dan baru muncul dalam sepakbola dunia.
Temukan episode terbaru dari Pain di Arsenal Podcast di sini – The Rebuild 2.0

Diasumsikan bahwa The Gunners tidak mampu membeli Pepe. Profil dan harganya berada di luar jangkauan mereka, terutama setelah gagal lolos ke Liga Champions untuk musim ketiga berturut-turut. Dan kemudian, tiba-tiba, mereka menandatanganinya. Kegembiraan, secara alami, bergema di seluruh fanbase.

Namun, dalam setengah musim pertamanya di London utara, Pepe jarang terlihat seperti superstar seharga £ 72 juta yang diharapkan banyak orang. Ada pandangan sekilas. Dua tendangan bebas melawan Vitoria, gol dan assistnya versus West Ham. Namun secara keseluruhan, Pepe telah underwhelmed.

Dan sekarang di bawah Mikel Arteta, dia berjuang untuk beradaptasi dengan gaya pelatih kepala Arsenal yang baru. Dia memiliki kemampuan yang luar biasa pada bola, tetapi dia tidak menekan dengan intensitas yang sama seperti rekan satu timnya dan suka memperlambat permainan, berdiri di depan lawan lawan sebelum meledak melewati mereka.

Pepe juga suka menerima bola dengan kaki dan mengemudi di oposisi, daripada menggunakan kecepatannya untuk melesat ke belakang dan mengumpulkan melalui umpan – dia, tentu saja, mampu melakukan yang terakhir, tetapi permainan alami adalah untuk datang pendek, bukan berlari di belakang. Sebagai penyerang kanan terjauh dalam bentuk kepemilikan Art-5 2-3-5 Arteta, itu bermasalah, kemampuannya menjatuhkan secara mendalam dan menyusut secara terpusat dan memadatkan ruang bagi mereka yang berada di posisi tengah.

Namun demikian, sementara Pepe telah berjuang untuk menyesuaikan diri dengan peran Arteta yang sangat luas baginya, karena keahlian alami dan bakatnya yang jelas, ada banyak alasan untuk bersabar. Dia masih hanya beberapa bulan ke masa di Liga Premier, sangat penting untuk diingat. Dan cendekiawan BT Sport Peter Crouch – di antara banyak lainnya – tentu saja percaya bahwa Arteta bisa mendapatkan versi terbaik dari Pepe:

“Dia bisa mendapatkan lebih banyak jumlah gol untuk menambahkan lebih banyak ke gimnya. Karena dia penggiring bola yang sangat bagus, dia ingin bola turun sehingga dia bisa mendapatkan full-back. Arteta bekerja dengan Pep Guardiola dengan Raheem Sterling dan jika Anda melihatnya, dia luar biasa dalam melewati orang-orang tetapi dia tidak cukup mendapatkan gol atau angka. Jika Anda dapat melihat peningkatannya selama dua atau tiga tahun terakhir, Arteta adalah bagian besar dari itu juga, saya pikir dia dapat melihat peningkatan Pepe seperti itu, mendapatkan tap-in dan gol-gol murah, Anda dapat menambahkan lima atau sepuluh gol lagi untuk pertandingannya dan dia akan menjadi aset besar bagi Arsenal. ”

Jika Pepe bersedia bekerja keras dan beradaptasi dengan tuntutan Arteta, yang dia lakukan pada tahap awal ini, dia belum bisa berkembang menjadi penyerang yang sangat elit. Jika ia memposisikan dirinya di area penalti lebih sering, seperti yang disorot Crouch, menggunakan bola lebih cepat dan lebih banyak tujuan, dan mulai memanfaatkan gerakannya dari bola maupun di atasnya, ia bisa menikmati perkembangan yang sama seperti Raheem Sterling di Manchester City .

Arsenal memiliki bakat luar biasa di Pepe. Namun mereka belum memiliki pemain yang luar biasa. Untuk itu, Arteta harus mengubahnya.